Senin, 18 Oktober 2010

Renungan 18 Oktober 2010

Renungan 18 Oktober 2010 - Pdt. Eddy Tatimu
Nehemia 8:11
“….sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu.”

TAK PERNAH SESUATU YANG BESAR DICAPAI TANPA ANTUSIASME

Mahakarya Handel, yang berjudul The Messiah, telah menginspirasikan jutaan manusia selama berabad-abad. Tetapi tidak banyak yang tahu, bahwa George Frederick Handel mengubah Messiah dalam waktu kurang lebih tiga minggu. Musiknya boleh dikata “dating kepadanya” dalam bentuk tangga nada. Ia menggubahnya dengan penuh semangat, seolah-olah didorong oleh Penggubah yang tidak kelihatan. Juga tidak banyak yang tahu bahwa Handel menggubah karyanya ketika penglihatannya kabur. Atau bahwa ia sedang menghadapi ancaman penjara karena hutangnya yang besar. Kebanyakan orang sulit mencipta di bawa tekanan, terutama ketika masalah fisik atau keuangan yang menjadi akar masalahnya. Tetapi ……Handel berhasil melakukannya.
Ia menyatakan bahwa karyanya itu berhasil diselesaikan berkat satu hal: sukacita. Ia dikutip mengatakan bahwa ia merasa seolah-olah hatinya mau meledak dengan sukacita karena apa yang didengarnya dalam pikiran serta hatinya. Sukacitalah yang mencorongnya untuk menggubah…. Memaksanya mencipta … dan ujung-ujungnya menemukan ekspresi dalam “Hallelujah Chorus”.
Handel sempat melihat karyanya menjadi tradisi yang diikuti serta karya yang popular. Ia terutama sangat senang melihat karyanya dipagelarkan untuk mengumpulkan dana amal.
Di mana ada sukacita, Yesus Kristus diekspresikan. Haleluyah!

Tidak ada komentar: