Kamis, 08 Januari 2009

Ucaplah Syukur

Ringkasan Khotbah 28.12.08
(Ibadah Ucapan Syukur Akhir Tahun GPdI Hagios Family Jemaat Mangga Dua Square)


Efesus 5:20-21

"Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus"


Kehidupan orang Kristen, tidak terlepas dari mengucap syukur. Ada kuasa dibalik ucapan syukur. Kita mengucap syukur bukan hanya pada saat kita berada dalam keberkatan, sehat, bahagia dan sebagainya, tapi firman Allah katakan dalam 1 Tesalonika 5:18 "...mengucap syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah dalam Kristus Yesus." Artinya mengucap syukur baik dalam keadaan senang maupun susah. Sulit bagi seseorang untuk bersyukur ketika ia berada dalam keadaan susah, sebab sangat berat untuk melakukannya. Tetapi itulah yang Tuhan mau kita lakukan, karena ada maksud Allah dibalik semuanya itu, yaitu semata-mata untuk kebaikan kita.
Salah satu tujuan Allah supaya kita mempersembahkan syukur sebagai korban adalah kita memuliakan Allah. - Mazmur 50:23
Setiap persembahan syukur, itu merupakan suatu korban. Kata "korban" adalah pemberian untuk menyatakan bakti dan kesetiaan (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sedangkan berkorban adalah menjadi korban, menderita rugi. Jadi dari pengertian ini, kita tahu sekarang bahwa mempersembahkan syukur adalah mengorbankan sesuatu sebagai tanda bakti dan kesetiaan kita sekalipun keadaan yang kita hadapi tidak nyaman bagi "daging" kita. Tetapi inilah salah satu cara kita memuliakan Allah.
Selain itu, kita berada di dalam kesesakkan atau keadaan seperti itu, kalau kita mau mempersembahkan syukur sebagai korban kepada Allah dan membayar nazar kita kepadaNya, maka Dia akan meluputkan kita dari semua hal itu - Mazmur 50:14-15. Bahkan dalam hal jasmanipun, Tuhan memberikan jaminan kepada kita - Filipi 4:6-7.
Oleh karena itu saudara-saudaraku, belajarlah mulai sekarang berani mengucap syukur dalam segala hal. Mohon kekuatan dan kesanggupan dari Tuhan Yesus supaya kita sanggup melakukan firmanNya ini. Dan saudara akan mengalami mujizat yang heran, sesuatu yang ajaib akan terjadi di dalam hidupmu. Sebab ada kuasa dibalik ucapan syukur. Dan kuasa dan mujizat itu Tuhan sediakan bagi kita semua. Amin!

Oleh:Pdt. Eddy Tatimu

Tidak ada komentar: