Selasa, 15 Juni 2010

Renungan 15 Juni 2010

Renungan 15 Juni 2010
MENGATASI RASA TAKUT - Pdt. Eddy Tatimu
Mazmur 56:4
“Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu.”

Pada waktu kejatuhan manusia dalam dosa, perasaan pertama yang timbul dalam hatinya adalah RASA TAKUT. “Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya; ‘Di manakah engkau?’ Ia menjawab: ‘Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” Kejadian 3:9-10.
Sejak saat itu, setiap kali perasaan takut itu datang, hati manusia menjadi panik dan gemetar. Takut akan gagal, Takut akan hari ini. Takut akan masa depan. Dan berbagai macam perasaan takut lainnya.
Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan rasa ketakutan. Tetapi jangan membiarkan ketakutan mengikuti kita terus. Satu-satunya mengalahkan rasa takut, adalah PERCAYA. Daud sangat mengenal kedalaman rasa takut, sebagaimana hanya sedikit orang yang dapat merasakannya, sewaktu ia di tangkap oleh bangsa Filistin, ia mengatakan :”Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu.” Mazmur 56:4. Daud tidak menyangkal rasa takutnya. Tetapi ketika rasa takut itu datang menyerang dia, dia tidak mencoba mengatasinya sebagai seorang laki-laki. Ia mengakui ketakutannya, dan menegaskan kepercayaannya kepada TUHAN.
Kalau anda sedang berada dalam ketakutan saat ini, cari dan kenalilah sumber perasaan takut anda. Bawalah kehadapan Allah. Kemudian dengan yakin mengakui kesanggupan-Nya untuk menangani semua rasa takut anda dan mohon supaya anda diberi keberanian dan damai sejahtera. “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” 2 Timotius 1:7. Haleluyah! Amin.

Tidak ada komentar: