Selasa, 08 Juni 2010

Renungan 8 Juni 2010

Renungan 8 Juni 2010
PENGAMPUNAN - Pdt. Eddy Tatimu
Yohanes 8:10-11
“Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata: “Hai perempuan, dimanakah mereka?Tidak adakah seorang yang menghukum engkau? Jawabnya : “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”

Ini adalah keajaiban dari pengampunan. Tetapi apa yang akan terjadi dengan pengampunan-Nya jika wanita itu pergi tanpa sepenuhnya menerima dan mengalami kasih yang luar biasa dari Yesus itu? Bagaimana jika ia tidak pernah mengampuni dirinya seperti yang Yesus sudah lakukan kepadanya? Apakah ia akan mengalami kenikmatan kebebasan pengampunan yang ajaib itu?
Yesus sudah mengampuni kita semua dari segala dosa. Dan kita juga harus saling mengampuni satu sama dengan yang lainnya – Efesus 4:32. Kalau Yesus yang sudah mengampuni anda dan Ia minta anda menyampaikan pengampunan-Nya kepada orang lain yang menyakiti anda, mengapa anda tidak dapat mengampuni diri sendiri?
Anda harus mampu mengampuni diri anda sendiri jika anda benar-benar ingin menikmati kebebasan yang diperoleh dari pengampunan Allah. Mungkin anda sudah melakukan sesuatu yang paling buruk, Allah sudah mengampuninya. Oleh karenanya tidak ada dosa yang seharusnya menempel dalam hidup anda.
Semua pengampunan, termasuk mengampuni diri sendiri, didasarkan pada Kayu Salib Kristus. Untuk menyangkal pengampunan pada diri anda sendiri sama dengan mencoba menghalangi kasih Allah pada anda.
Berhentilah mempersalahkan diri sendiri mulai saat ini. Dan terimalah kasih Allah sepenuhnya. Allah punya rencana yang luar biasa bagi kehidupan anda, dan mempersalahkan diri sendiri terus-menerus bukanlah bagian rencana itu. Amin!

Tidak ada komentar: