Minggu, 20 Juni 2010

Renungan 21 Juni 2010

Renungan 21 Juni 2010
MEREDAKAN EMOSI YANG MEMBARA - Pdt. Eddy Tatimu
Kolose 3 : 8
“Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.”

Emosi yang meledak-ledak dapat merusak tubuh anda karena telah mengganggu metabolisme anda dan bahkan mengganggu jiwa dan roh anda. Hidup anda menjadi tidak nyaman. Gelisah dan tidak ada sejahtera.
Tanganilah emosi itu dengan beberapa cara berikut ini:
1. Langsung tangani situasi dan pihak yang telah menjengkelkan anda. Hadapi dan selesaikan secara langsung. Jangan membiarkan amarah anda menyebar ke pihak lain.
2. Redakan kemarahan anda secepatnya dibawa pimpinan Roh Kudus. Kadang-kadang anda memerlukan beberapa waktu lamanya untuk meredakan kemarahan anda. Tetapi jangan membiarkan kemarahan anda meradang berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya. Sikap seperti itu adalah tempat pembiakan sempurna dari kegetiran dan kepahitan.
3. Ingat bahwa temperamen dan kepribadian orang lain bisa dengan mudah memprovokasi anda. Jika ini yang merupakan penyulut kemarahan anda, pilihan terbaik adalah menerima orang lain sebagaimana Allah menerima anda.
4. Relakanlah kehidupan emosional anda dikendalikan oleh Roh Kudus. Pusatkan perhatian anda pada Kristus, dan bersekutulah dengan-Nya. Semakin manis persekutuan anda dengan Yesus, semakin anda akan secara wajar menjadi seperti Dia dengan bantuan Roh Kudus.
Itulah gaya hidup yang Allah ingin anda jalani, dan kemarahan bisa ditangani sebagaimana mestinya. Haleluyah. Amin!

Tidak ada komentar: