Kamis, 18 Februari 2010

Renungan 18 Februari 2010

Renungan 18 Pebruari 2010
BERDOALAH UNTUK SEMUA ORANG - Pdt. Eddy Tatimu
1 Timotius 2:1-2
“Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.”

Kita dianjurkan berdoa untuk semua orang – raja-raja, pembesar; semua orang percaya, terutama mereka yang sedang berada dalam penganiayaan; para pendeta, penginjil, gembala sidang dan orang-orang kudus lainnya (Efesus 6:18-20); musuh-musuh pribadi kita (Matius 5:44); dan untuk semua orang, baik orang percaya maupun bukan orang percaya (1 Timotius 2:1).
Inilah satu daftar yang panjang yang seharusnya kita doakan. Jika kita mau jujur, sebenarnya sebagian besar waktu yang kita habiskan dalam doa adalah untuk kebutuhan-kebutuhan pribadi kita.
Pergumulan kita didalam doa untuk kesejahteraan orang lain tidaklah begitu mudah, juga tidak selalu lancar. Oleh karena itu, apabila anda mulai dengan sungguh-sungguh dan secara teratur mendoakan untuk orang lain, Anda akan menemukan kelegaan, yaitu suatu pelepasan yang belum pernah anda alami sebelumnya dibandingkan dengan kebiasaan anda yang hanya memikirkan diri sendiri saja. Sehingga anda akan terbiasa mengurangi kebiasaan anda tersebut dengan lebih banyak waktu anda habiskan mendoakan bagi kepentingan orang lain.
Dengan melakukan demikian, maka doa akan menjadi sebuah alat operasi spiritual yang tajam, yang mengangkat penyakit pementingan diri sendiri yang berbahaya bagi kehidupan rohani anda.
Berprilakulah sama seperti Rasul Paulus yang selalu mendoakan kepentingan orang lain, sebagaimana dikatakannya “Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku.” Filemon 4. Amin.

Tidak ada komentar: