Sabtu, 27 Februari 2010

Renungan 27 Februari 2010

Renungan 27 Pebruari 2010
INDAHNYA FIRMAN TUHAN - Pdt. Eddy Tatimu
Mazmur 19:8-11, 15
“Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya, lebih indah daripada emas, bahkan daripada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah…… Muda-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.”

Firman Tuhan harus direnungkan perlahan-lahan, secara mantap dan pasti, dicerna berulang-ulang sampai anda mendapatkan sarinya. Disinilah memerlukan kecermatan, kesabaran dan ketekunan untuk membaca, mendengar dan merenungkan Firman Allah, anda pasti akan memperoleh manfaat yang besar. Tetapi, didalam merenungkan Firman Tuhan, anda bisa dirintangi oleh dua hal.
Pertama, KESIBUKAN. Anda diganggu secara terus menerus untuk bekerja dan bekerja. Anda diharuskan bergegas bahkan dihari-hari sepi sekalipun. Sedangkan merenungkan Firman membutuhkan waktu, kesabaran dan ketenangan dimana desakan tugas dan tanggungjawab dengan sengaja diredam.
Kedua, KUANTITAS. Seringkali anda di atur oleh program membaca Alkitab setahun selesai dari Kejadian sampai Wahyu. Memang ini adalah suatu pelatihan yang baik dan menguntungkan, tetapi keuntungannya bisa hilang jika hati anda tidak mempunyai kerinduan untuk mencerna bagian-bagian Firman Tuhan yang sedang anda baca itu, sedangkan Allah seringkali akan memfokuskan perhatian anda pada satu ayat saja.
Sebab itu, buatlah satu jadwal yang tepat dimana anda bisa masuk dalam keheningan bersama Tuhan didalam perenungan Firman-Nya. Amin.

Tidak ada komentar: