Jumat, 09 April 2010

Renungan 9 April 2010

Renungan 9 April 2010
SALIB ADALAH KEKUATAN DAN HIKMAT ALLAH - Pdt. Eddy Tatimu
Kolose 1:20
“Dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan perdamaian oleh darah salib Kristus.”

Sekali lagi, salib Kristus membuat orang dunia mempertanyakan keabsahannya secara intelektual. Mereka tidak dapat menerima kebenaran tersebut, yaitu bahwa hanya melalui salib, orang berdosa dapat diselamatkan dari api neraka. Tetapi walaupun mereka begitu skeptis dan mencemoh, bagi kita inti iman Kristen adalah salib Tuhan kita Yesus Kristus.
Salib adalah salah satu kebenaran utama dari doktrin Kristen. Coba simak apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus: “Sebabpemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah. Karena ada tertulis:”Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan.” Di manakah orang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan? Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberita Injil. Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.” 1 Korintus 1:18-24.
Salib adalah kekuatan dan hikmat Allah karena itulah cara satu-satunya umat manusia yang berdosa bisa didamaikan dengan Allah. Karena Allah menjadi manusia maka Ia bisa mati menjadi pengganti kita semua.
Melalui salib, dosa manusia dipikulkan diatas pundak Yesus. Melalui salib, kasih Allah dengan bebas diberikan kepada semua orang yang mau bertobat dan percaya kepada-Nya dan bisa menerima kehidupan yang kekal.
bertanyalah kepada dirimu sendiri, saat ini :”Apakah salib Kristus juga adalah pusat iman anda?”. Tidak ada jalan lain yang menuju kepada Allah, kecuali melalui salib. Amin!

Tidak ada komentar: