Rabu, 31 Maret 2010

Renungan 31 Maret 2010

Renungan 31 Maret 2010
PENDERITAAN MENDATANGKAN KEMULIAAN - Pdt. Eddy Tatimu
Filipi 1:29
“Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia.”

Seringkali kita bertanya-tanya :”Apa arti penderitaan dalam hidup ini?” “Mengapa orang Kristen harus menderita?” Dan berbagai pertanyaan lain yang berkaitan dengan hal tersebut.
Tidak ada manusia yang mau menderita, itu wajar! Dan karena kita ingin mengalami makna sejati dalam kehidupan, maka penderitaan yang menurut kita justru tidak punya makna, maka kita menjauhinya.
Apa sih makna sebuah kebangkrutan usaha? Apa sih makna sebuah kecelakaan kendaraan yang mengakibatkan seseorang cacat seumur hidup hanya karena gara-gara ulah orang lain yang sedang mabuk? Apa sih makna kehancuran keluarga? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan sekitar penderitaan manusia.
Maknanya yang sebenarnya adalah: bahwa kita ditempatkan di dunia ini untuk mengenal dan memuliakan Allah. Pada saat penderitaan datang dan kita berpaling kepada Kristus, maka kita memperoleh kedua tujuan tersebut, yaitu mengenal-Nya lebih dekat dan memuliakan-Nya. Sebab hanya dengan pengenalan yang sungguh akan Kristuslah orang bisa mengalami dan melihat damai sejahtera Allah diam di dalamnya. Dengan ketabahannya, maka ketahanannya dalam penderitaan yang lama bisa bersinar di dalam kegelapan kesusahan dengan cahaya kemuliaan yang terang benderang. Firman Allah katakan “Dan bukan hanya itu saja, kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” – Roma 5:3-5. Amin!

Tidak ada komentar: